Review Elephone S8 Smartphone Keren Layar Penuh Resolusi 2K

bottegavenetainc – Elephone S8, sebuah ponsel yang menarik perhatian kami dalam sisi desain dan kali ini kami akan mengulasnya. Selain desain menarik, ponsel ini juga memiliki spesifikasi high end dan layar yang wow punya. Chipsetnya menggunakan Helio X25 dari MediaTek yang merupakan chipset deca core ( 10 core ) yang masing-masing corenya memiliki kecepatan berbeda – beda, tepatnya chipset ini memiliki dua Core A-72 berkecepatan 2.5GHz,  empat core A53 pada 2.0GHz, serta empat core A53 pada kecepatan 1.4GHz.

Untuk selengkapnya silakan baca review dari kami yah dan pertama-tama mari lihat apa saja dalam paket penjualannya dulu.

Elephone S8 dijual dalam kotak kemasan berwarna putih, dengan logo Ele di sisi kanan atas di mana pada sisi kiri ada tulisan slogan Elephone yaitu “Keep expecting and be suprised!” Isi Paket Penjualan Elephone S8:
– Perangkat Elephone S8
– Konektor Jack headphone ke USB Tipe C
– Kabel USB Tipe C
– Kepala Charger (Quick charging)
– Soft case
– Simcard ejector

Lalu berikut ini Spesifikasi Elephone S8:
Layar : 6.0 inci buatan Sharp, resolusi 2560 x 1440 px dengan Corning Gorilla glass
CPU : Helio X25 Deca Core 2.5GHz ( ARM MT6797T )
Sistem Operasi : Android 7.1
Storage : 4GB RAM + 64GB ROM
Kamera : front 8.0MP + rear 21.0MP AF dengan flash light
Baterai : 4000 mAh
Sensor : Fingerprint Sensor, Ambient Light Sensor, Gravity Sensor, Gyroscope, Hall Sensor, Proximity Sensor
Fitur : GPS, A-GPS
SIM Card : dual SIM dual standby, 1 Nano SIM card + 1 Nano SIM card
Port : USB Tipe C, tidak ada headphone jack
Jaringan : GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA : B1/B8
FDD-LTE : B1/B3/B7/B20
TDD-LTE: B38/B40
Harga: 239 USD / sekitar Rp3.2 jutaan rupiah

Bodi & Desain & Layar

Layar pada Elephone S8 tampak lebar, besar dan memuaskan saat digunakan bermain game dewa poker maupun nonton Youtube deh. Dan pada sisi kanan kiri dan atas mendekati Bezelless yang hanya menyisakan ruang bezel di bagian bawah untuk menaruh tombol.

Desain perangkat ini terlihat keren dengan warna mengkilap dengan desain agak melengkung pada bagian cover permukaan belakang bodi. Tampak sensor kamera belakang agak sedikit menonjol pada permukaan bodi belakang.

Bicara ketebalan, memang agak tebal dibandingkan tren ponsel yang slim sekarang ini, tapi masih tergolong cukup nyaman dan ketebalannya wajar. Memang kami rasa ketebalan ini mungkin dikarenakan baterai ponsel yang tergolong besar yaitu 4000 mAh.

Ukuran layar ponsel ini sedikit lebih panjang dibanding Samsung Galaxy S8 dan untuk lebarnya jauh lebih lebar dibanding Samsung Galaxy S8. Bagi Anda yang memiliki tangan berukuran kecil agak repot membawa ponsel ini karena ukuran dimensi lebarnya. Lalu bila kami bandingkan dengan ukuran Lenovo P2 Turbo yang merupakan smartphone 5.5 inci ukurannya hampir sama, hanya Elephone S8 sedikit lebih lebar dibanding P2, padahal layar pada Lenovo P2 hanya 5.5 inci dan Elephone S8 memiliki layar lebih luas.

Keunikan lain yang penulis dapati, ternyata hanya ada satu tombol pada layar depan Elephone S8 yang terletak di bagian bawah. Jadi dengan satu tombol ini kita dapat menggunakan fungsi back, fungsi kembali ke Home, serta fungsi menampilkan aplikasi yang sedang aktif. Klik dua kali pada tombol menjalankan fungsi kembali ke Home, klik sekali berfungsi sebagai Back, dan tekan lama pada tombol akan menampilkan pada layar, daftar aplikasi yang sedang aktif serta tombol ikon Optimasi Memori (ikon tampak seperti Recycle Bin) yang akan menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dari memori.

Permukaan belakang ponsel ini cukup mudah menyimpan bekas tangan, terasa agak licin namun tidak membuatnya sampai mudah terjatuh dari pegangan kita. Lalu pada saat penulis ingin menancapkan earphone, penulis menggaruk-garuk kepala karena tidak berhasil menemukan jack earphone pada smartphone ini. Ternyata Elephone ikut-ikutan tren menghilangkan jack headphone seperti Apple dan menyertakan konektor jack headphone ke USB tipe C dalam paket penjualan. Agak heran juga kenapa Elephone ikutan dalam hal ini karena penulis rasa justru agak merepotkan. Untuk layar, kami nilai mampu menampilkan warna, kontras dan cahaya dengan baik dan jelas.

Fitur ClearMotion dan MiraVision
Elephone S8 juga memiliki fitur menarik yang melengkapi fungsi layar nya yaitu ClearMotion dan MiraVision. MiraVision menawarkan fungsi pengaturan peningkatan berbagai aspek layar seperti berikut :
– Screen Backlight
– Quick Mode (Picture Mode: Standard, Vivid, UserMode)
– Basic Color Tuning (Contrast, Saturation, Picture Brightness)
– Advanced Tuning: Sharpness, Color TEmperature
– Dynamic Contrast
– Viewing Comfort: Blulight Defender, Chameleon DIsplay

Sedangkan ClearMotion menawarkan pilihan untuk meningkatkan kualitas kehalusan pergerakan pada video.

Software & Fitur

Kami dapati tampilan perangkat lunak Elephone S8 tergolong sederhana dan apa adanya sebagaimana Android stock ROM, sedikit sekali bloatware yang disertakan, Hanya ada aplikasi standar dari Android pada umumnya, seperti File Manager, Galeri, Music dan kami hanya mendapati tambahan aplikasi seperti App Locker, Recorder serta Notebook. Sistem operasi yang digunakan cukup up to date yaitu versi Android 7.1.1 yang pada saat penulisan artikel ini masih tergolong yang baru. Berikut ini adalah tampilan screenshot daftar aplikasi bawaan yang tampak pada Home screen serta Layar daftar aplikasi.

Sensor

Elephone S8 memiliki sensor yang cukup lengkap, yaitu sensor accelerometer, sensor cahaya, sensor orientasi, sensor proximity, sensor giroskop, sensor suara, sensor magnet, sedangkan yang tidak didapati pada perangkat ini adalah sensor temperatur/suhu dan sensor tekanan.

Kamera

Sensor kamera yang disematkan pada perangkat ini tergolong besar yaitu 21Mp pada kamera belakang dan sensor kamera belakang sebesar 8 Mp dan menurut informasi yang kami dapatkan menggunakan sensor buatan Sony.

Kualitas kamera belakang tergolong biasa malah bisa dibilang sedikit di bawah yang kami harapkan di mana autofocus agak lambat dan saat di outdoor, faktor cahaya yang lebih banyak membuat hasil foto menampilkan banyak warna putih lebih banyak dari yang seharusnya.

Lalu untuk kualitas kamera depan juga kurang bagus, bisa dibilang apabila Anda seorang pengguna smartphone yang mengutamakan kualitas kamera, maka smartphone ini akan mengecewakan Anda tapi apabila Anda menggunakan kamera hanya sekali-kali maka performa dan kualitas kamera perangkat ini masih bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Performa & Gaming

Untuk mengetahui performa perangkat ini kami melakukan uji benchmark menggunakan beberapa aplikasi tes performa seperti Geekbench 4, Antutu dan 3DMark.

Skor Geekbench 4 :

– Singlecore CPU: 1031 Hasil skor ini menunjukkan hasil yang kurang lebih seimbang dengan skor perangkat dengan chipset Snapdragon 810
-Multicore CPU: 4328 Hasil skor ini menunjukkan hasil yang lebih cepat dibanding Snapdragon 820 yang memiliki skor 4000 an saja.
-Renderscript (GPU): 3405 Hasil skor ini lebih besar dibanding skor Samsung Galaxy S7 yang rata-rata skornya 2766 namun masih sedikit lebih rendah dibanding Motorola Nexus 6 yang rata-rata skornya sebesar 3482.

Skor Antutu: 83296

Hasil skor Antutu menunjukkan nilai skor yang cukup tinggi, jauh lebih tinggi dibanding chipset Snapdragon 625 yang memiliki skor 60 ribuan. Skor 3D Mark : Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3:1: Skor total 1022 , skor Grafis: 937 dan Skor Physics: 1501 Skor total perangkat ini jauh lebih tinggi dibanding skor Lenovo P2 yang menggunakan Snapdragon 625 yang hanya menghasilkan skor 469

Skor 3D Mark : Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3:1:

– Skor total 1022 , skor Grafis: 937 dan Skor Physics: 1501 Skor total perangkat ini jauh lebih tinggi dibanding skor Lenovo P2 yang menggunakan Snapdragon 625 yang hanya menghasilkan skor 469 Kami juga melakukan uji performa beberapa game dengan perangkat ini di mana kami mencobanya dengan game Need For Speed No Limit, Warhammer 40.000 serta Dawn of Titans

Saat mencoba gaming, kami tidak mendapati lag atau kendala pada Need For Speed No Limit, namun ada sedikit lag namun tidak sampai mengganggu saat memainkan Dawn of Titans, dan kami juga mendapati masi ada sedikit lag kadang kala saat memainkan game Warhammer 40.000, namun maklum saja kedua game ini tergolong menuntut karena tampilan 3D yang berat dan lag yang kami dapati tidak sampai mengurangi kelancaran fungsi saat kami memainkan kedua game tersebut.

Dari sisi performa kami bisa mengatakan bahwa perangkat ini cukup memuaskan karena mengandalkan kemampuan chipset decacore (10 core) serta GPU yang tergolong oke, sehingga menghasilkan skor 3DMark yang tergolong tinggi dan cukup mumpuni untuk diajak bermain game 3D.

Namun saat kami memainkan game, bodi belakang terasa agak panas, yang kami rasa dikarenakan chipset yang digunakan menghasilkan panas yang berlebih sehingga terasa pada bodi belakang.

Baterai

Baterai Elephone S8 tergolong besar yaitu 4000 mAh tapi mengingat ukuran layar, resolusi yang ditampilkan serta jenis chipset yang disertakan, maka ketahanan baterai ini tidak sesuai yang kami harapkan di mana kami berharap perangkat ini mungkin bisa bertahan sampai 2 hari, tetapi kami dapati hanya memadai untuk penggunaan 1 hari saja. Apabila penggunaan Anda normal bukan intensif untuk game atau fotografi, memang dari pagi hari dengan kondisi full charge, maka Anda hanya perlu mencharge lagi saat menjelang tidur saja. Kecepatan charging cukup baik di mana dari kondisi kosong untuk mencapai 49% diperlukan waktu 1 jam dan untuk mencapai 88% diperlukan waktu 2 jam dan untuk mencapai pengisian baterai 100% diperlukan waktu selama kurang lebih 2 jam 30 menit.

Kesimpulan

Keunggulan/Kelebihan:
– Desain full display /bezelless yang menarik
-Cover metalik dengan warna yang keren
-Layar luas dan beresolusi tinggi
-Kapasitas RAM dan ROM yang besar
-Chipset menawarkan performa GPU yang mumpuni

Kekurangan:
– Hasil kamera belakang dan depan kurang memuaskan
-Bodi belakang terasa agak panas saat memainkan game dan penggunaan kamera