5 Konsol Game yang Gagal Total di Era-nya! Bahkan ada Buatan Apple Juga!

bottegavenetainc – Di tahun yang sudah terbilang sangat modern ini, perusahaan-perusahaan ternama tengah berlomba-lomba untuk mengeluarkan konsol game terbaik. Mereka bersaing dengan ketat demi bisa memuaskan konsumen, sebutlah seperti yang baru-baru rilis 2017 kemarin, yaitu Nintendo Switch, dan konon katanya Sony juga akan mengeluarkan PlayStation 5 pada tahun 2019 nanti.

Namun ternyata, di balik nama besarnya tak lantas menjamin setiap konsol game keluarannya akan menuai sukses. Bahkan tak jarang ada konsol yang gagal total dan dibatalkan untuk rilis. Tidak hanya itu, bahkan salah satu perusahaan sampai bangkrut karena sudah mengeluarkan biaya sangat besar untuk pembuatan konsol gamenya.

1. Virtual Boy

Sumber foto: Sumber: cinemassacre.com

Konsol ini dikeluarkan oleh Nintendo pada tahun 1995 ini, hanya diproduksi selama satu tahun. Nintendo berusaha menawarkan sensasi berbeda bagi para gamers dengan mencoba mengeluarkan kosol berteknologi ‘virtual reality’. Bisa jadi ini adalah VR pertama yang diciptakan, meski masih dicap gagal,alias belum sempurna. Konon katanya grafis dari game Virtual Boy ini berwarna merah sehingga menyebabkan rasa sakit pada mata orang yang memainkannya. Konsol Virtual Boy ini telah terjual sebanyak 770 ribu konsol dengan harga US$179.95.

2. Apple Pippin

Ternyata dulu Apple juga pernah mengeluaran konsol game lho! Tepatnya pada tahun 1995 hingga tahun 1997. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini dianggap telah mengeluarkan produk gagal pada tahun 90-an. Alasan mengapa konsol dengan nama Pippin ini gagal total adalah karena banyak keluhan dari para konsumen yang merasa bahwa Pippin adalah konsol yang lamban, tidak memiliki banyak game, dan sangat mahal yaitu US$599. Sepanjang produksinya, mereka hanya berhasil menjual konsol sebanyak 42 ribu.

3. Philips CD-I

Philips CD-I adalah sebuah konsol yang memanfaatkan teknologi CD-ROM. Dibuat oleh Philips dan berkerja sama dengan Sony pada tahun 1991, proyek ini tidak lagi dilanjukan sejak tahun 1998. Mereka menawarkan sensasi konsol yang berbeda, tidak hanya untuk memainkan game tetapi juga bisa untuk memutar vcd atau hanya untuk sekadar berkaraoke. Philips CD-I dikenal mempunyai game terbaik, yaitu “The Zelda Trio”. Alasan mengapa konsol ini dinyatakan gagal total adalah karena konon katanya memiliki harga yang sangat mahal, yaitu $700.

4. Laser Active

Pioneer ternyata juga pernah ikut bersaing dalam dunia konsol game, mereka sempat mengeluarkan Laser Active pada tahun 1993 dan berakhir pada tahun 1995. Konsol ini dibanderol dengan harga US$970, lalu untuk controller-nya sendiri hampir mempunyai harga US$600. Dengan harga yang selangit, ditambah konsol dan controller-nya dijual terpisah, banyak konsumen yang lebih memilih untuk membeli PC.

5. Neo Geo CD

Diproduksi oleh perusahaan game asal Jepang, yaitu SNK, Neo Geo CD pertama dirilis tahun 1990.. Konsol ini mempunyai game-game terbaik untuk dimainkan yang mungkin kita juga mengenalnya sampai sekarang, seperti “Samurai Showdown”, dan “The King of Fighter”. Namun banyak yang menyayangkan karena harganya yang terbilang tinggi di eranya, yaitu US$649.99 untuk versi Amerika. Tidak hanya itu, karena para gamers dahulu juga rupanya sudah melangkah lebih jauh dari grafis berbasis sprite 2D, maka dari itu konsol ini tidak laku di pasaran.